Cara dan Panduan Memilih Ban yang Baik


Ban mobil adalah bagian terpenting dalam kendaraan roda empat untuk itu Anda harus pintar dan tepat dalam memilih ban mobil agar perjalanan Anda dapat di lalui dengan nyaman dan aman.

 

Berikut tips memilih ban mobil

 

1.

Utamakan Keselamatan.

 

Sebaiknya usahakanlah untuk mencari ban yang full power safety, yakni ban yang baik pada waktu digunakan didalam tes pengereman, handling serta memiliki daya tahan untuk "hydroplaning" atau pembetukan lapisan air pada ban serta permukaan jalur. Biarlah tread wear, kenyamanan mengemudi, suara-suara, serta daya tahan perputaran jadi nilai plus saja.

2.

Bacalah petunjuk yang diberikan

 

Jaminan yang didapatkan dari pabrik atas produk mereka merupakan jaminan penggantian kerugian jika ban yang mereka pasarkan mengalami kerusakan didalam jarak tempuh yang mereka janjikan. Makin jauh jarak tempuh yang ada pada ban, makin kecil nilai penggantiannya. Pada umumnya jaminan untuk ban cuma mencakup kerusakkan yang di akibatkan karena pengunaan non regular serta tidak mencakup rusaknya yang karena lubang dijalanan maupun faktor lain yang tidak lazim yang terjadi sepanjang perjalanan. Misal : tertancap paku, robek oleh barang keras, dan sebagainya.

3.

Kenali ukuran ban.

 

Untuk mengetahui dengan tepat type serta ukuran dari ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan (pabrik mobil anda).. lakukan cek pada bagian plakat yang ada di doorjamb atau laci mobil, pada penutup bahan bakar, atau dibuku panduan pemilik.

4.

Dapatkan dengan harga terbaik.

 

Murah.. bagus.. awet.. itulah yang biasanya diinginkan oleh konsumen... Yang perlu diingat adalah : Harga ban biasanya bervariasi bergantung pada wilayah dan toko penjualnya. Pastikan untuk menanyakan kepada penjual apakah harga yang dicantumkan sudah termasuk dengan mounting, balancing, dan katup baru??

 
Memilih Ban Mobil yang Cocok

 

memilih ban mobil yang benarBan mobil yang tepat menjamin keselamatan & kenyamanan mengemudi ..
Sangat kerap kita dibingungkan pada hadapan pilihan soal ban mobil.., ban manakah yang pas dengan mobil kita..?? Memang harus jeli bila membeli ban, karena memasangkan ban yang tidak cocok dapatlah mendatangkan banyak kerugian bahkan musibah untuk yang memakainya... Disamping konstruksinya tidak cocok, juga bisa mengakibatkan kerusakan bagian dari mobil. umur pakai ban menjadi lebih pendek serta kerap bisa menyingkirkan kenyamanan atau mendatangkan musibah. Biasanya kita temui ada 2 type ban di pasaran, yakni type ban radial serta ban yang biasa / standart.
Menilik sepintas, ke-2 type ban ini nyaris sama, tetapi sesungguhnya ke-2 ban ini amat tidak sama konstruksinya. Perbedaan konstruksi ban ini amat jamant hubungannya pada type mobil apa ban tersebut bisa dipergunakan layaknya :

 

Pilih Ban Sesuai peruntukkan dan typenya
 

i.

6.00-14 6PR

 

Angka 6.00 adalah angka yang menunjukkan lebar penampang ban tersebut dalam satuan inchi (lk 153 mm). 14 adalah diameter dari ring (velg) juga dalam satuan inchi. 4PR atau 4 Ply Rating menunjukkan berlapis lapisnya ply-cord, bukan hanya 4 lapis tetapi PR digunakan untuk menunjukkan suatu ban dengan beban maksimum yang diizinkan. Ban dengan ukuran ini dapat menerima beban maksimum 615 kg setiap ban, pada tekanan angin 47 psi.

ii.

185/70 SR 13 dan 185/60 HR14

 

Ban dengan huruf R ini menunjukkan bahwa jenis ban ini adalah radial yang khusus digunakan pada mobil penumpang sedan. Huruf S dengan diameter velk 13 inchi menandakan bahwa kecepatan maksimal ban ini adalah 175 km/jam, sedangkan huruf H sampai 210 km/jam dan V untuk kecepatan di atas 210 km/jam. Tekanan angin antara 28 sampai 30 psi dan beban maksimum yang dapat diterima 400 kg/tiap hari. Angka 70 dan 60 adalah aspek rasio dari ban (tinggi berbanding lebar penampang ban), sedangkan 185 adalah lebar penampang ban dalam millimeter.

iii.

175 R 13 6PR (LT – COMMERCIAl)

 

Ban ini sangat cocok untuk kendaraan minibus karena sifatnya radial yang memberikan kenyamanan, tetapi tidak mengabaikan stabilitas sesuai dengan permintaan pabrik pembuat mobil. Karena daya dukung terhadap beban keseluruhan mobil bisa mencapai 2.100 kg. Disamping itu permintaan pabrik bahwa tekanan ban depan 28 psi dan belakang 49 psi dapat dipenuhi (2Kg/CM2 dan 3,5 Kg/CM2). Tulisan 6PR menunjukkan tekanan angin yang diizinkan sampai 50 psi dan beban yang dapat diterima oleh setiap ban 525 kg. Sedangkan LT adalah singkatan dari Light Truck.

 

Posted on Juli 10, 2012 by Tedda RentCar Solo | Persewaan Mobil Solo handal terpercaya

| | | | | |

 

Tag: sewa mobil solo, rental mobil solo, rental mobil kota solo, sewa mobil kota solo, carter mobil solo, jasa rental mobil solo, solo rent car, persewaan mobil solo, info sewa mobil solo, info rental mobil solo, sewa mobil murah, rental mobil murah